Menurut
Wikipedia, Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola
dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju
tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan
berkelanjutan. Sedangkan dalam hubungannya denagan kewirausahaan, SDM
merupakan Individu-individu dalam organisasi
kerwirausahaan yang dapat memberikan kontribusi atau sumbangan yang berharga
berupa peroduktivitas dari posisi yang mereka pegang untuk mencapai tujuan
sistem organisasi kewirausahaan. Tugas penyediaan sumber daya manusia yang
semestinya adalah sangat penting bagi wiraswastawan. Produktivitas pada semua
organisasi kewiraswastaan ditentukan oleh bagaimana sumber daya manusia
berinteraksi dan bergabung untuk menggunakan sumber daya system manajemen.
Faktor-faktor seperti latar belakang, umur, pengalaman yang berhubungan dengan
jabatan, dan tingkat pendidikan formal kesemuanya mempunyai peranan di dalam
menentukan tingkat ketepatan posisi individu-individu pada organisasi
kewiraswastaan.
Langkah-langkah penyediaan sumber daya manusia :
1. Perekrutan karyawan
Penarikan
tenaga kerja adalah langkah pertama di dalam menyediakan sumber daya manusia
bagi organisasi kewiraswastaan setiap kali terdapat posisi yang kosong.
2. Seleksi calon karyawan
Seleksi
tenaga kerja adalah penyaringan awal dari calon sumber daya manusia yang
tersedia untuk mengisi suatu posisi. Tujuannya adalah untuk memperkecil hingga
jumlah yang relatif sedikit calon karyawan dari mana seseorang akhirnya akan
disewa.
3. Pelatihan karyawan
Pelatihan
karyawan adalah keterampilan yang diajarkan pihak perusahaan kepada
karyawannya.
4. Penilaian hasil kerja
Penilaian
tentang hasil kerja yang telah dilakukan oleh karyawannya, apakah sesuai dengan
yang diharapkan atau belum.
SUMBER DARI SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber
dari dalam organisasi :
•
Karier
Karir
pekerjaan dari seorang karyawannya yang begitu meningkat, memungkinkan karyawan
tersebut akan mengisi posisi yang kosong.
•
Promosi jabatan, promosi dari dalam biasanya mempunyai keuntungan (1) membangun
moral, (2) mendorong karyawan untuk bekerja lebih keras dengan harapan akan
mendapatkan promosi, dan (3) membuat individu cendrung tinggal dengan
organisasi kewiraswastaan tertentu karena kemungkinan promosi di masa depan.
•
Rotasi jabatan
Rotasi
jabatan bisa dilakukan apabila itu diperlukan untuk kepentingan perusahaan.
Sumber
dari luar organisasi :
• Para pesaing
Satu
sumber eksternal sumber daya manusia yang umumnya terbuka adalah organisasi
kewiraswastaan pesaing. Karena terdapat beberapa keuntungan membajak sumber
daya manusia dari pesaing, tipe pembajakan ini telah menjadi praktek yang umum.
Diantara keuntungan-keuntungannya adalah: (1) pesaing akan harus membayar
pelatihan individu sampai saat penyewaan, (2) organisasi kewiraswastaan pesaing
mungkin akan agak diperlemah dengan kehilangan individu, dan (3) sekali disewa,
individu menjadi sumber informasi yang berharga mengenai bagaimana cara terbaik
bersaing dengan bekas organisasinya
•
Badan/agen penempatan kerja
Suatu
agen penempatan kerja adalah suatu organisasi yang mengkhususkan diri di dalam
menyesuaikan individu dengan organisasi. Agen-agen tersebut membantu
orang-orang untuk menemukan pekerjaan dan organisasi yang memerlukan tenaga kerja.
• Lembaga pendidikan, beberapa wiraswastawan pergi secara langsung ke perguruan tinggi untuk mewawancarai mahasiswa-mahasiswa yang mendekati kelulusan. Sekolah bisnis, sekolah teknik, sekolah seni, dan lain-lain mempunyai sumber daya manusia yang agak berbeda untuk ditawarkan. Usaha penarikan tenaga kerja hendaknya dipusatkan pada sekolah-sekolah dengan kemungkinan tertinggi untuk menyediakan sumber daya manusia semestinya bagi posisi lowong.
• Mass media informasi
Mungkin
sumber tenaga kerja manusia yang potensial yang paling luas adalah pembaca dari
publikasi-publikasi tertentu. Untuk bisa
menemukan sumber ini, wiraswastawan bisa memasang iklan pada media masa. Iklan
tersebut hendaknya menguraikan posisi yang lowong secara mendetail dan
mengumumkan bahwa organisasi kewiraswastaan menerima lamaran dari individu yang
memiliki kualifikasi. Tipe posisi yang hendak diisi menentukan tipe publikasi di
mana suatu iklan hendak dipasang.
Berikut
adalah beberapa langkah yang harus Anda pertimbangkan ketika merencanakan untuk
berwirausaha salah satunya bisnis online, yaitu :
1.Buatlah strategi promosi
Rencanakan
bisnis online Anda dengan berpikir tentang bagaimana pelanggan Anda dapat dan
harus menemukan Anda. Tanyakan kepada diri sendiri "apa yang Anda
sukai" untuk mendapatkan para pelanggan Anda. Berapa persentase orang akan
siap untuk membayar untuk produk Anda dan mengapa.
2.Analisa Pasar
Analisa
Pasar umumnya tentang belajar tentang kondisi pasar dimana Anda mempromosikan
produk Anda. Hal ini dapat dipelajari dengan melakukan analisis tertutup
terhadap pesaing Anda, pencarian Google, yahoo, keuangan atau dengan menyewa
seorang ahli untuk melakukannya untuk Anda. Semakin Anda tahu tentang pasar
Anda, kesempatan yang Anda miliki untuk berhasil dalam usaha pemasaran online
Anda semakin besar.
Ini
adalah salah satu langkah penting yang sering diabaikan pelaku bisnis. Anda
harus tau apa yang ada di pikiran pelanggan Anda saat sebelum membeli produk
dan apa yang harus Anda masukkan ke dalam pikirannya sehingga dia harus membeli
produk Anda. Selanjutnya Anda juga harus menganalisis apa yang akan menjadi
kelompok usia orang yang bersedia untuk membeli produk Anda.
4.Produk Positioning
Ini
berarti menciptakan reputasi dalam pikiran pelanggan Anda ketika ia / ia
mendengar nama perusahaan Anda. Hal ini penting dari penamaan produk Anda untuk
membangun reputasi dan memberikan dukungan terbaik.
5.Mencari Pasar yang tepat untuk mempromosikan produk Anda
Bila
Anda memiliki terlalu banyak kompetisi beragam maka sangat sulit untuk
mempromosikan produk Anda. Sebagai contoh pasar penurun berat badan tidak akan
menjual produk pembangun otot. pembesar otot dan penurun berat badan keduanya
seperti pasar yang sangat dekat tetapi Anda tidak akan dapat menjual produk
bagus di pasar yang berlawanan tanpa penelitian.
6.Berikan harga yang tepat
Bila
Anda pemain baru maka sangat penting bagi Anda untuk menyediakan produk atau
jasa Anda dengan harga yang kompetitif dan mungkin dengan penawaran menarik.
Beberapa kali Anda mungkin harus menurunkan harga. Karena Anda pemain baru
untuk pasar, Anda harus menderita kerugian sementara atas beberapa laba yang
diperoleh dari setiap produk yang dijual, ini biasanya terjadi pada setiap
pemain baru yang mencoba untuk membangun keuntungan bisnis online untuk pertama
kalinya. Sedangkan pemotongan harga dan memberikan penawaran khusus tidak harus
selalu rugi seiring waktu.
7.Menjual Produk secara Online
Ini
adalah cara bagaimana Anda akan menjual produk secara online. Ada beberapa
metode yang mencakup tentang afiliasi untuk menjual produk Anda, SEO untuk
website Anda, artikel pemasaran, press release, membayar per klik iklan (CPC),
membeli ruang iklan dari situs yang relevan, drive trafik, memberikan laporan
gratis dll
8. Distribusi Dan Pengiriman Produk
Jika
Anda menawarkan produk fisik maka sebaiknya termasuk menyediakan jasa
pengiriman cepat. Jika produk Anda digital seperti layanan perangkat lunak,
ebook atau online maka setidaknya menyediakan akses instan. Ini praktis
melibatkan kualitas layanan yang Anda sediakan terhadap produk atau layanan Anda.
Dalam
bisnis online yang berbasis menengah – kecil biasanya jarang terjadi perekrutan
tenaga kerja, karena bisnis ini dapat dikerjakan secara personal. Bila bisnis
tersebut merupakan bisnis yang besar, maka dibutuhkan perekrutan tenaga kerja
ahli yang mampu menjalankan bisnis tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar