Belajar Profesional
Disampaikan Pendidik
SMK
HERI SAPTONO, ST
Trainer & Motivator
Instruktur:
DAIHATSU TRAINING CENTER
TRANSMISI MANUAL
TRANSMISI MANUAL
Uraian :
Pada saat kendaraan mulai berjalan atau menanjak, memerlukan moment yang
besar untuk itu dibutuhkan beberapa bentuk mekanisme perubah moment.
Pada saat kendaraan berjalan pada kecepatan yang tinggi pada jalan datar
moment yang besar tidak diperlukan lagi, karena moment mesin cukup
untuk menggerakkan kendaraan.
DAIHATSU TRAINING CENTER
MEKANISME PERUBAH MOMENT
Transmisi digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk :
Merubah momen
Merubah kecepatan kendaraan
Memungkinkan kendaraan bergerak mundur
Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral )
DAIHATSU TRAINING CENTER
PERBANDINGAN GIGI
Perbandingan gigi dapat dihitung dengan rumus :
GR
=
Yang diputar
Yang memutar
=
A
B
GR = Gear Ratio
DAIHATSU TRAINING CENTER
PERBANDINGAN GIGI
Pada Transmisi terdapat dua pasang roda gigi, untuk memperoleh putaran input sahft dan output sahaft yang searah
GR = Gear Ratio
Pada saat maju
DAIHATSU TRAINING CENTER
PERBANDINGAN GIGI
Pada saat mundur
Untuk menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan Idle
gear, untuk memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang
berlawanan
DAIHATSU TRAINING CENTER
KONSTRUKSI TRANSMISI
Dibawah ini dijelaskan konstruksi transmisi yang digunakan pada
kendaraan.
Pada transmisi ini untuk semua kecepatan maju menggunakan synchromesh,
sedangkan untuk mundur menggunakan mekanisme Sleedingmesh
DAIHATSU TRAINING CENTER
Dirct control ( tipe pengontrol langsung )
Keuntungan direct type :
Pemindahan gigi lebih cepat
Pemindahan lebih lembut dan mudah
Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah
GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM
DAIHATSU TRAINING CENTER
GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM
Remote control type ( tipe remote control )
Pada tipe ini tuas pemindah terpisah dari tansmisi. Shift control terletak dilantai atau di steering column
DAIHATSU TRAINING CENTER
TYPE OF TRANSMISION
Selective gear
transmission
Sliding mesh type
Constant mesh type
Synchromesh type
Automatic
transmission
Fluid type ( fully hydraulic )
Electric type ( Electronic Control Transmission )
CVT ( Continous Variable Transmission )
DAIHATSU TRAINING CENTER
MEKANISME PERPINDAHAN GIGI
Slidingmesh type
Pada tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang
terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan
hubungan antara gigi percepatan dengan countergear
DAIHATSU TRAINING CENTER
Constantmesh type
Pada tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter
shaft, main gear dilengkapi dengan dog gear yang akan dirhubungkan
dengan sleeve yang terpasang pada output shaft.
Shift arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main
gear ke main shaft
MEKANISME PERPINDAHAN GIGI
DAIHATSU TRAINING CENTER
Synchromesh type
Tipe ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus,
Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda - roda gigi yang akan berhunbungan dengan cara melakukan pengereman.
MEKANISME PERPINDAHAN GIGI
DAIHATSU TRAINING CENTER
KONSTRUKSI SYNCHROMESH
DAIHATSU TRAINING CENTER
Clutch hub terpasang pada spline main shaft dan
terdapat 3 buah alur untuk
pemasangan shifting key ( insert )
Sleeve dipasang pada spline clutch hub, dan alur pada sleeve dihubungkan
pada shift arm
Shifting key ( Insert ) terpasang pada clutch hub dan dipegang oleh key
spring dan kedua ujung shifting key masuk ke dalam celah synchronizer
ring.
Synchronizer ring terletak diantara clutch hub dan dog gear yang
bebentuk kerucut, synchronizer ring mempunyai tiga alur untuk penempatan
shifting key
KONSTRUKSI SYNCHROMESH
DAIHATSU TRAINING CENTER
CARA KERJA SYNCHROMESH
Tahap pertama
Hub sleeve mendorong bagian atas shifting key, shifting key mendorong
synchronizer ring hingga berhubungan dengan dog gear. Sehingga
synchronizer ring ikut berputar
Tahap kedua
Hub sleeve mendorong dengan kuat chamfer dari blocker ring, dan blocker
ring menekan dog gear menyebabkan kecepatan putar dari gigi percepatan
sama dengan kecepatan putar hub sleeve
Tahap ketiga
Hub sleeve terus bergerak ke kanan dan alur – alur pada hub sleeve
berkaitan dengan dog gear pada gigi percepatan
DAIHATSU TRAINING CENTER
MEKANISME PENCEGAH GIGI LONCAT
Pada poros pemindah
Shift shaft mempunyai tiga alur dimana shift detent ball akan ditekan
oleh spring bila transmisi diposisikan masuk gigi & netral
Shift detent mechanism berfungsi untuk mencegah gigi kemabli ke netral
dan untuk meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan
Pada hub sleeve
Alur – alur pada hub sleeve mempunyai bentuk runcing yang berkaitan
dengan dog gear gigi percepatan. Untuk mencegah gigi loncat
DAIHATSU TRAINING CENTER
Double meshing prevention mechanism
When shifted
Mekanisme pencegah hubungan ganda dari transmissi ada yang menggunakan
interlock ball & pin. Yang terdiri dari sebuah interlock pin dan 4
buah interlock ball
Pada saat masuk gigi maka salah satu shifter rod akan bergerak dan
menyebabkan interlock ball & pin mengunci shifter lainnya
DAIHATSU TRAINING CENTER
TRANSFER
Fungsi :
Meneruskan tenaga putar dari transmisi ke propeller shaft depan dan belakang
Merubah momen pada saat dibutuhkan momen yang besar
Transfer ada 2 macam :
Part time
Full time
Pada umumnya transfer digunakan pada kendaraan yang keempat rodanya dijadikan sebagai roda penggerak / FOUR WHEEL DRIVE ( 4 WD )
DAIHATSU TRAINING CENTER
TRANSFER
KOMPONEN - KOMPONENNYA
Low speed input gear
High & low clutch hub sub assembly
High speed input gear
Transfer idler gear
Transfer output rear shaft
Transfer output gear
Transfer front drive clutch hub sub – assembly
Transfer output front shaft
DAIHATSU TRAINING CENTER
TRANSFER
CARA KERJANYA
Saat 2 H
DAIHATSU TRAINING CENTER
TRANSFER
CARA KERJANYA
Saat 4 H
DAIHATSU TRAINING CENTER
TRANSFER
CARA KERJANYA
Saat 4 L
DAIHATSU TRAINING CENTER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar