Jumat, 01 Maret 2013

DAIHATSU TRAINING CENTER TRANSMISI MANUAL

NI ilmu  copy_ dari tetangga semoga bermanfaat.. ^_^
Slide 1
Belajar Profesional Disampaikan Pendidik SMK HERI SAPTONO, ST Trainer & Motivator Instruktur:
Slide 2
DAIHATSU TRAINING CENTER TRANSMISI MANUAL
Slide 3
TRANSMISI MANUAL Uraian : Pada saat kendaraan mulai berjalan atau menanjak, memerlukan moment yang besar untuk itu dibutuhkan beberapa bentuk mekanisme perubah moment. Pada saat kendaraan berjalan pada kecepatan yang tinggi pada jalan datar moment yang besar tidak diperlukan lagi, karena moment mesin cukup untuk menggerakkan kendaraan. DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 4
MEKANISME PERUBAH MOMENT Transmisi digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk : Merubah momen Merubah kecepatan kendaraan Memungkinkan kendaraan bergerak mundur Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral ) DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 5
PERBANDINGAN GIGI Perbandingan gigi dapat dihitung dengan rumus : GR = Yang diputar Yang memutar = A B GR = Gear Ratio DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 6
PERBANDINGAN GIGI Pada Transmisi terdapat dua pasang roda gigi, untuk memperoleh putaran input sahft dan output sahaft yang searah GR = Gear Ratio Pada saat maju DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 7
PERBANDINGAN GIGI Pada saat mundur Untuk menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan Idle gear, untuk memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang berlawanan DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 8
KONSTRUKSI TRANSMISI Dibawah ini dijelaskan konstruksi transmisi yang digunakan pada kendaraan. Pada transmisi ini untuk semua kecepatan maju menggunakan synchromesh, sedangkan untuk mundur menggunakan mekanisme Sleedingmesh DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 9
Dirct control ( tipe pengontrol langsung ) Keuntungan direct type : Pemindahan gigi lebih cepat Pemindahan lebih lembut dan mudah Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 10
GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM Remote control type ( tipe remote control ) Pada tipe ini tuas pemindah terpisah dari tansmisi. Shift control terletak dilantai atau di steering column DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 11
TYPE OF TRANSMISION Selective gear transmission Sliding mesh type Constant mesh type Synchromesh type Automatic transmission Fluid type ( fully hydraulic ) Electric type ( Electronic Control Transmission ) CVT ( Continous Variable Transmission ) DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 12
MEKANISME PERPINDAHAN GIGI Slidingmesh type Pada tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi percepatan dengan countergear DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 13
Constantmesh type Pada tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, main gear dilengkapi dengan dog gear yang akan dirhubungkan dengan sleeve yang terpasang pada output shaft. Shift arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main shaft MEKANISME PERPINDAHAN GIGI DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 14
Synchromesh type Tipe ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus, Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda - roda gigi yang akan berhunbungan dengan cara melakukan pengereman. MEKANISME PERPINDAHAN GIGI DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 15
KONSTRUKSI SYNCHROMESH DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 16
Clutch hub terpasang pada spline main shaft dan terdapat 3 buah alur untuk pemasangan shifting key ( insert ) Sleeve dipasang pada spline clutch hub, dan alur pada sleeve dihubungkan pada shift arm Shifting key ( Insert ) terpasang pada clutch hub dan dipegang oleh key spring dan kedua ujung shifting key masuk ke dalam celah synchronizer ring. Synchronizer ring terletak diantara clutch hub dan dog gear yang bebentuk kerucut, synchronizer ring mempunyai tiga alur untuk penempatan shifting key KONSTRUKSI SYNCHROMESH DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 17
CARA KERJA SYNCHROMESH Tahap pertama Hub sleeve mendorong bagian atas shifting key, shifting key mendorong synchronizer ring hingga berhubungan dengan dog gear. Sehingga synchronizer ring ikut berputar Tahap kedua Hub sleeve mendorong dengan kuat chamfer dari blocker ring, dan blocker ring menekan dog gear menyebabkan kecepatan putar dari gigi percepatan sama dengan kecepatan putar hub sleeve Tahap ketiga Hub sleeve terus bergerak ke kanan dan alur – alur pada hub sleeve berkaitan dengan dog gear pada gigi percepatan DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 18
MEKANISME PENCEGAH GIGI LONCAT Pada poros pemindah Shift shaft mempunyai tiga alur dimana shift detent ball akan ditekan oleh spring bila transmisi diposisikan masuk gigi & netral Shift detent mechanism berfungsi untuk mencegah gigi kemabli ke netral dan untuk meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan Pada hub sleeve Alur – alur pada hub sleeve mempunyai bentuk runcing yang berkaitan dengan dog gear gigi percepatan. Untuk mencegah gigi loncat DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 19
Double meshing prevention mechanism When shifted Mekanisme pencegah hubungan ganda dari transmissi ada yang menggunakan interlock ball & pin. Yang terdiri dari sebuah interlock pin dan 4 buah interlock ball Pada saat masuk gigi maka salah satu shifter rod akan bergerak dan menyebabkan interlock ball & pin mengunci shifter lainnya DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 20
TRANSFER Fungsi : Meneruskan tenaga putar dari transmisi ke propeller shaft depan dan belakang Merubah momen pada saat dibutuhkan momen yang besar Transfer ada 2 macam : Part time Full time Pada umumnya transfer digunakan pada kendaraan yang keempat rodanya dijadikan sebagai roda penggerak / FOUR WHEEL DRIVE ( 4 WD ) DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 21
TRANSFER KOMPONEN - KOMPONENNYA Low speed input gear High & low clutch hub sub assembly High speed input gear Transfer idler gear Transfer output rear shaft Transfer output gear Transfer front drive clutch hub sub – assembly Transfer output front shaft DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 22
TRANSFER CARA KERJANYA Saat 2 H DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 23
TRANSFER CARA KERJANYA Saat 4 H DAIHATSU TRAINING CENTER
Slide 24
TRANSFER CARA KERJANYA Saat 4 L DAIHATSU TRAINING CENTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar