Senin, 04 Maret 2013

Memanage Waktu / Manajemen Waktu

Manajemen Waktu adalah me “manage”, mengatur atau mengelola waktu dimana kita melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Alasan kita harus mengatur waktu dikarenakan waktu adalah sumber daya yang tidak bisa kita simpan. Jadi bagaimana cara kita memanajemen waktu kita akan menentukan sejauh mana pencapaian dan kesuksesan kita. Pengertian manajemen waktu pernah saya bahas dalam tulisan sebelumnya.
Rencana Jadwal Belajar Efektif:

  • Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.
  • Prioritaskan tugas-tugas.
  • Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.
  • Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
  • Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.
  • Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
  • Rencanakan juga "deadline".
  • Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
  • Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
  • Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Berikut beberapa tips dan kiat bagaimana cara memanage waktu yang baik untuk pelajar dan mahasiswa:
Tetapkan tujuan , cari tahu tentang apa yang ingin Anda capai dalam hidup. Ambil pena dan kertas serta tuliskan yang ingin Anda capai lima tahun dari sekarang, cita-cita ingin menjadi apa, bekerja diperusahaan besar seperti apa, atau mungkin cita-cita menjadi wirausahawan. Menetapkan tujuan untuk diri sendiri memberikan Anda arah yang harus Anda lalui dan perjuangkan serta memotivasi untuk menjalani pengorbanan yang dibutuhkan untuk mencapai cita-cita tersebut.
Mengatur ruang belajar Anda , dengan mengatur buku dan materi studi dengan baik di tempatnya masing-masing. Rapikan alat tulis dengan rapih dan tidak berantakan di atas meja. Hal tersebut akan menghemat waktu jika kita mencari barang misalnya alat tulis atau buku yang dibutuhkan dalam proses belajar tersebut.
Rencanakan studi Anda , dengan memahami mana mata pelajaran yang penting dan skala prioritas bidang studi yang harus dilakukan terlebih dahulu. Baca silabus Anda dengan cermat. Cari tahu tentang bobot masing-masing mata pelajaran dan siapkan rencana yang sesuai. Tuliskan semua mata pelajaran yang Anda pikir harus dibahas dalam satu hari dan juga tentukan jangka waktu sehingga semuanya mendapat alokasi waktu yang seimbang. Pastikan Anda mengurutkan topik yang penting terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan bahasan yang relatif lebih mudah. Memulai hari Anda dengan sesuatu yang tidak begitu penting sama saja buang-buang waktu.
Hindari gangguan yang dapat mempengaruhi semangat belajar . Hal yang bisa menggangu konsentrasi belajar seperti sms, bbm, telepon, tv usahakan untuk dijauhkan dari jangkauan. Disarankan untuk tidak menyimpan majalah, komik, novel, CD, video game di ruang belajar Anda. Belajar dan menonton televisi secara bersamaan hanyalah membuang-buang waktu. Gangguan terhadap ritme belajar akan menurunkan semangat belajar yang lama-kelamaan bisa membuat malas belajar. Jika rasa malas sudah menghantui pikiran, hal tersebut membuat kita mundur ke langkah awal yaitu memunculkan motivasi diri.
Semoga bermanfaat. ^_^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar