Minggu, 27 Januari 2013

ENTRERENEUR/Kepemimpinan


Sifat-sifat kepemimpinan
Ada sifat kepribadian yang dapat dipandangberhubungan positif dengan perilaku pemimpin danmempunyai korelasi tinggi ialah :
a.Popularitas                                       e.Ketekunan
b.Keaslian                                             f.Status sosial
c.Adaptibilitas                                      g.Status ekonomi
d.Ambisi                                                h.Mampu berkomunikasi
Selanjutnya ada sifat-sifat yany berkaitan positif dan perilaku pemimpin tetapi berkorelasi tidak terlalu tinggiseperti ; tanggung jawab, integritas, percaya diri, mobilitas, ketrampilan social, sifat-sifaf kepribadian yang perlu dimiliki pemimpin:
a.pendidikan umum yang luas, seseorang yang berpendidikan akan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan ketrampilan kepemimpinan.
b.Kematangan mental, seorang pemimpin harus mempunyai kematangan mental yang terlihat pada kestabilan emosional, tidah mudah tersinggung , tidak gampang marah dan sebagainya.
c.Sifat ingin tahu, sifan ini mendorong seorang pemimpin untuk menyellidiki, inofatif dan kreatif.
d.Kemampuan ananitis, seorang pemimpinharus mampu menganalisa gejala-gejala informasi yang ia terima, sehingga dapat mengambil keputusan yang positif dan berguna untuk kemajuan bisnisnya.
e.Memiliki daya ingat yang kuat, seorang wirasuaha akan berhadapan dengan banyak orang berbagai sifat perilaku sehingga dipeerlukan kemampuan untuk mengingat.
f.Integratif, seorang wira usaha harus memiliki kepribadian terpadu tidak terpecah-pecah yang membuat dia terombang-ambing. Juga harus memiliki sifat integrative dalam rumahtangganya.
g.Ketrampilan berkomunikasi.
h.Ketrampilan mendidik, seorang wirausaha harus mampu memberi petunjuk dan mendidik para karyawan dalam beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan.
i.Rasional dan obyektif.
j.Pragmatisme, keputusan seorang wirausaha harus di buat sesuai deegan kemampuan dan sumberdaya yang tersedia.
K.ada naluri prioritas, berhubung terbatasnya sumber daya yang tersedia maka seorang wirausaha harus mampu menetapkan skala prioritas yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
l.Pandai mengatur waktu seorang wirausaha harus mampu bertindak  cepat, tepat dan mempertimbangkan waktu secara efisien
m.Kesederhhanaan.
n.Sifat keberanian, pemimpin haru berani untuk mengambil keputusan dengan mengajak beberapa karyawan inti.
o.Kemampuan mendenengar, seorang wirausaha haruss mengenali informasi dan medengarapa ide dankeinginan para karyawan.
Karakter Kepemimpian Intrapreneurship
Seorang wirausahawan harus memahami lingkungan baik internal maupun eksternal secara utuh, diaharis mengetahui segala aspek, dia harus kreatif agar dapat mendorong  spirit intrapreneurship, karakteristik kepemimpinan adalah sebagai berikut:
Dia harus seorang visioner leader, seseoran atau e person who dreams great dreams. Dikatakan oleh hisrich bahwa a leader is like a gardener. Seorang tukang kebun. Apabila akan menghasilkan tomat, maka anda harus cari bibit, tanam, kasih pupuk, beri air. Anda jannganmasukkan tomat ke pabrik, tapi tugas anda tanam dan pupuktomat itu.
Tipe Kepemimpinan
Beberapa tipe kepemimpinan yang dikenal adalah sebagai berikut:
-Pemimpin kharismatik merupakan kekuatan energy, daya tarik yang luar biasa yang akan diikuti oleh para pengikutnya, pemimpin ini memiliki keistimewaan tertentu misalnya memiliki kekuatan ghaib, manusia super, berani dan sebagainya.
-Tipe peternalistis bersikap melindungi bawahan sebagai seorang bapak atau sebagai seorang ibu yang penuh kasih saying, pemimpin tipe ini kurang memberikan kesempatan pada karyawannya untuk berinisiatif dan mengambil keputusan.
-Tipe militeristis, banyak menggunakan system perintah, system komando dari atasan kebawahan, sifatnya keras dan otoriter, menghendaki bawahan agar selalu patuh , penuh acara formats.
-Tipe otokratis, berdasarkan kekuatan  dan paksaan  yang mutlak harus dipatuhi pemimpinnya selalu berperan sebagai pemain tunggal, dia menjadi raja, setiap perintah yang ditetapkan tanpa konsultasi, kekuasaan sangat absolute.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar