Jumat, 25 Januari 2013

3 Hal Penting Untuk Pemain Gitar Pemula


Selamat malam Sahabat. Di postingan kali ini saya membahas tentang 3 hal penting yang harus di ketahui oleh pemain gitar pemula, seperti saya ini.... Ayo di simak Bareng-bareng!
Gitar Akustik memiliki suara yang merdu dan bisa untuk memainkan banyak genre music.
1. Mengenal Genre Music
Menurut saya ini adalah syarat penting yang harus dipenuhi oleh orang-orang yang ingin menjadi musisi. Gitar akustik bisa memainkan banyak genre musik, maka kita perlu juga mempelajarinya.  Ni beberapa contoh Genre musik :
Populer music : Jazz, blues, gospel, rythm n blues, Funk, Rock, Ska, Reggae, Dub, Hiphop/Rap/Rapcore, Pop
Traditional music : Country, Latin

2. Mengerti Tangga Nada dan Achord
Mempelajari tangga nada seperti do, re, mi, fa, sol, la ,si, do  beserta interval nya akan membuat anda lebih mudah untuk memainkan gitar, mencari achord, dan memberi variasi-variasi dalam memainkan lagu.
Apabila Anda masih belum mengetahui cara memegang achord dalam gitar,  Anda bisa mempelajari lewat gambar di bawah ini, atau anda bisa cari yang lain yang menurut anda lebih mudah.


3. Melatih Kecepatan Jari
Setelah Anda mengerti tentang tangga nada dan achord-achord, latihlah kecepatan jari anda dengan berlatih memainkan tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do dengan kunci dasar yang menurut Anda mudah untuk dimainkan.
Kecepatan jari sangat penting ketika Anda ingin memberikan variasi-variasi melodi pada suatu lagu.

4. Belajar Memainkan Senar Bass dan Melodi
Pada gitar terdapat senar bass - yaitu senar 4,5,6 (dari bawah) , dan senar melodi - yaitu senar 1,2,3 (dari bawah) --> Pembacaan senar dimulai dari bawah
Senar bass biasanya di petik pertama baru setelah itu diiringi dengan memetik senar melodi. Misal Anda ingin bermain pada kunci A, petiklah senar bass(nada do pada kunci A) dan setelah itu memetik senar melodi dengan format 3-1-3-2-3-1-3 . Pelajarilah dengan memainkan format ini terus menerus, sehingga Anda akan terbiasa untuk bermain petikan. Ingat , senar bass yang anda petik merupakan nada do dari kunci dasar yang Anda mainkan. Format permainan senar melodi juga dapat dimainkan untuk achord-achord lain.


5. Belajar Mengiringi atau Memainkan Lagu Sederhana
Setelah Anda menguasai basik memainkan gitar, cobalah untuk memainkan lagu-lagu sederhana seperti "balonku ada lima", atau "naik-naik ke puncak gunung" dsb.
Jika sudah bisa, cobalah untuk mengiringi lagu-lagu yang Anda sukai. Mengiringi lebih sulit dari pada memainkan lagu sendiri, karena anda perlu mencari nada dasar dari penyanyi lagu itu. mencari Nada dasar perlu menggunakan feel yang kuat dan pemahaman tangga nada yang baik. Untuk itu biasakanlah mencari-cari nada dasar agar Anda terbiasa menemukan nada dasar dengan cepat.

Selamat mencoba dan bersemangatlah jangan mudah menyerah karena belajar gitar memerlukan kesabaran dan membutuhkan waktu yang cukup lama. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar