I.
UPDATE DATA
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari modul ini
siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan
langkah-langkah update pada Microsoft
Access
2. Menjelaskan
cara – cara update data
3. Memeriksa hasil update data
B. LANGKAH
– LANGKAH DALAM UPDATE DATA
Informasi merupakan suatu hal yang
mengalami perubahan yang sangat cepat. Seiring meningkatnya jumlah informasi pada hidup atau bisnis, mungkin perlu
menata ulang atau mendistribusikan ulang informasi yang telah ada. Penambahan
kebutuhan dan informasi selalu terjadi dalam kehidupan manusia, begitu juga hal
yang sama terjadi pada sebuah database. Adapun langkah – langkah dalam
melakukan update atau pembaharuan data dalam sebuah database adalah :
1. Memilih field dan Record
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah
memiliki data sebelum melakukan editing pada sebuah jendela data sheet. Untuk memilih data atau
record pada sebuah jendela datasheet dapat dilakukan dengan beberapa cara.
Untuk lebuh jelasnya lihat pada table dibawah ini :
Pilihan
|
Perintah
|
Sebuah sel
|
Klik pada posisi sel tersebut
|
Beberapa sel
|
Drag drop pointer pada sisi
kiri sel tersebut sampai melintas beberapa sel yang ingin anda pilih
|
Sebuah kolom
|
Klik pada posisi selector kolom
|
Beberapa kolom
|
Drag drop pointer pada posisi selektor kolom sesuai dengan kebutuhan
|
Sebuah Record
|
Klik pada posisi selector baris
|
Beberapa Record
|
Drag drop pointer pada posisi selektor baris sesuai dengan kebutuhan
|
Semua Record
|
ü
Klik tombol selec All pada selector baris
ü
Pilih perintah Selec All record dari menu
edit
ü
Tekan tombol ctrl+A pada keyboard
|
2. Memindahkan Insertion Point
Memindahkan insertion point atau data
record dalam sebuah datasheet dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang
ada pada perintah Go To dari menu Edit, panah atas, panah bawah, Page Up atau
Page Down. Selain itu kita juga dapat memindahkan posisi record aktif dengan
memilih tombol navigasi yang ada pada bagian bawah dari jendela datasheet
sebuah table. Perhatikan tabel dibawah ini :
Pindah Ke
|
klik
|
Awal record
|
First Record
|
Akhir record
|
Last record
|
Record Sebelumnya
|
Previus Record
|
Record beruikutnaya
|
Next Record
|
Record Baru
|
New Record
|
Record tertentu
|
Atau tekan tombol F5 atau
ketik nomoer Record yang Anda
inginkan dan lanjutkan dengan menekan tombol enter
|
3. Menambahkan record
Penambahan
record dalam sebuah database dapat dilakukan jika telah dibuat sebuah design
database. Penambahan record ini dapat dilakukan dalam query maupun dalam form
sebuah database. Adapun langkah – langkahnya adalah :
a. Update data melalui queries :
Ø Buka program aplikasi basis data yaitu Ms.
Access
Ø Buka file dan pilih queries dengan cara
klik dua kali file queries yang telah dibuat sampai muncul tampilan seperti
gambar dibawah.
Ø Masukkan data baru sebagai penambah maupun
pengganti dari data yang telah ada.
Record
Baru
b. Update data melalui Form
Ø Buka program aplikasi basis data yaitu Ms.
Access
Ø Buka file dan pilih form dengan cara klik
dua kali file form yang telah dibuat seperti gambar di bawah.
Ø Masukkan
record dengan cara sama dengan saat
entry pertama kali.
4. Membahkan Field
- Buka file à Pilih Table Daftar
- Pilih Design View
- Sisipkan field baru (Contoh Nama_ortu) caranya sama dengan membuat field pertama kali.
- Klik Field Ket à Klik Menu Insert à rows
- Masukan nama field baru (contoh Asal_skl)
- Kemudian klik close dan Save OK
- Untuk menampilkan di queries, Klik Objects à pilih Nilai à klik à design akan tampil jendela
- Pilih Field yang akan disisipi field baru kemudian klik insert à klik columns
Pada gambar diatas terbentuk columns
kosong, lalu masukan field baru (Contoh Asl_skl) dengan mengklik panah drop
down pada lalu pilih Asl_skl
- Kemudian klik close à Save à OK
10. Setelah
selesai Anda dapat memasukan data berikutnya, sama seperti insert data awal.
C. EVALUASI
1. Apakah yang dimaksud dengan Program Microsof Access ?
2. Apa yang dimaksud dengan update data ?
3. Sebutkan cara – cara update data dalam Ms.
Access !
4. Jelaskan cara update data melalui Form !
II.
MELAKUKAN DELETE DATA
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari modul ini
siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan
langkah-langkah delete data pada
Microsoft Access
2. Memeriksa
hasil delete data
B. LANGKAH – LANGKAH DALAM DELETE DATA
Penghapusan data
dalam Microsoft Access (Basis Data) ada beberapa bentuk penghapusan, yaitu
menghapus record, menghapus field dan menghapus table.
1. Menghapus Record
Menghapus
atau menghilangkan record dapat dilakukan dalam satu record maupun beberapa
record sekaligus. Adapun langkah – langkah dalam menghapus record adalah :
a.
Buka
table yang telah dibuat, kemudian pilih record yang akan dihapus. Dengan
klik kanan pada selector record maka muncul beberapa pilihan. Apabila
hendak menghapus record, pilih Delete Record. Atau bisa dilakukan
dengan menekan tombol Delete pada keyboard. Bisa juga dilakukan
dengan klik Menu Edit>Delete Record.
b.
Setelah memilih Delete Record,maka jendela dialog akan
muncul, pilih Yes apabila yakin bahwa record tersebut harus dihapus,
atau No apabila penghapusan tidak jadi dilakukan.
c. Setelah
proses penghapusan selesai, maka data akan berubah sesuai dengan perintah.
2. Menghapus field
Langkah-langkahnya:
a. Buka file yang telah dibuat
b. Buka tabel yang akan dihapus field-nya
kemudian pilih Design View.
c. Klik kanan selector field yang akan
dihapus dan pilih Delete Row.
d. Setelah selesai penghapusan, maka akan
keluar jendela validasi, pilih Yes jika field yang ada akan dihapus
secara permanen, atau No jika penghapusan tidak jadi dilakukan.
3. Menghapus Tabel
Langkah-langkahnya:
a. Buka jendela Database Object dan pilih
Tables.
b.
Kemudian pilih yang telah dibuat dan yang akan dihapus.
c.
Klik kanan pada table yang akan dihapus, kemudian pilih
Delete.
d.
Setelah selesai penghapusan, maka akan keluar jendela
validasi, pilih Yes jika Tabel yang ada akan dihapus secara permanen, atau No
jika penghapusan tidak jadi dilakukan
Apakah itu untuk ms.access 2007??
BalasHapus