Senin, 25 Februari 2013

MELAKUKAN UPDATE DAN DELETE DATA PADA APLIKASI BASIS DATA




I.      UPDATE DATA

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan langkah-langkah update pada Microsoft Access
2. Menjelaskan cara – cara update data
3. Memeriksa hasil update data

B.  LANGKAH – LANGKAH DALAM UPDATE DATA
                  Informasi merupakan suatu hal yang mengalami perubahan yang sangat cepat. Seiring meningkatnya jumlah informasi pada hidup atau bisnis, mungkin perlu menata ulang atau mendistribusikan ulang informasi yang telah ada. Penambahan kebutuhan dan informasi selalu terjadi dalam kehidupan manusia, begitu juga hal yang sama terjadi pada sebuah database. Adapun langkah – langkah dalam melakukan update atau pembaharuan data dalam sebuah database adalah :
1. Memilih field dan Record
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki data sebelum melakukan editing pada sebuah jendela data sheet. Untuk memilih data atau record pada sebuah jendela datasheet dapat dilakukan dengan beberapa cara. Untuk lebuh jelasnya lihat pada table dibawah ini :
Pilihan
Perintah
Sebuah sel
Klik pada posisi sel tersebut
Beberapa sel
Drag drop pointer pada sisi kiri sel tersebut sampai melintas beberapa sel yang ingin anda pilih
Sebuah kolom
Klik pada posisi selector kolom
Beberapa kolom
Drag drop pointer pada posisi selektor kolom sesuai dengan kebutuhan
Sebuah Record
Klik pada posisi selector baris
Beberapa Record
Drag drop pointer pada posisi selektor baris sesuai dengan kebutuhan
Semua Record
ü Klik tombol selec All pada selector baris
ü Pilih perintah Selec All record dari menu edit
ü Tekan tombol ctrl+A pada keyboard

2. Memindahkan Insertion Point
Memindahkan insertion point atau data record dalam sebuah datasheet dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang ada pada perintah Go To dari menu Edit, panah atas, panah bawah, Page Up atau Page Down. Selain itu kita juga dapat memindahkan posisi record aktif dengan memilih tombol navigasi yang ada pada bagian bawah dari jendela datasheet sebuah table. Perhatikan tabel dibawah ini :
Pindah Ke
klik
Awal record
 First Record
Akhir record
 Last record
Record Sebelumnya
 Previus Record
Record beruikutnaya
 Next Record
Record Baru
 New Record
Record tertentu
 Atau tekan tombol F5 atau ketik nomoer Record yang Anda inginkan dan lanjutkan dengan menekan tombol enter

3. Menambahkan record
                  Penambahan record dalam sebuah database dapat dilakukan jika telah dibuat sebuah design database. Penambahan record ini dapat dilakukan dalam query maupun dalam form sebuah database. Adapun langkah – langkahnya adalah :
a. Update data melalui queries :
Ø  Buka program aplikasi basis data yaitu Ms. Access
Ø  Buka file dan pilih queries dengan cara klik dua kali file queries yang telah dibuat sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah.
Ø  Masukkan data baru sebagai penambah maupun pengganti dari data yang telah ada.



 


 





                                                                                           Record
                                                                                                                                                     Baru

      b. Update data melalui Form
Ø  Buka program aplikasi basis data yaitu Ms. Access
Ø  Buka file dan pilih form dengan cara klik dua kali file form yang telah dibuat seperti gambar di bawah.
Ø  Masukkan record dengan cara sama dengan saat entry pertama kali.

            

4. Membahkan Field
  1. Buka file   à  Pilih Table Daftar
  2. Pilih Design View
  3. Sisipkan field baru (Contoh Nama_ortu) caranya sama dengan membuat field pertama kali.










 










  1. Klik Field Ket à  Klik Menu Insert à rows  
  2. Masukan nama field baru (contoh Asal_skl)











  1. Kemudian klik close dan Save OK
  2. Untuk menampilkan di queries, Klik Objects à pilih Nilai à klik à  design akan tampil jendela









  1. Pilih Field yang akan disisipi field baru kemudian klik insert à klik columns









Pada gambar diatas terbentuk columns kosong, lalu masukan field baru (Contoh Asl_skl) dengan mengklik panah drop down pada lalu pilih Asl_skl










  1. Kemudian klik close à Save à OK








10. Setelah selesai Anda dapat memasukan data berikutnya, sama seperti insert data awal.

C. EVALUASI
1. Apakah yang dimaksud dengan Program Microsof Access ?
2. Apa yang dimaksud dengan update data ?
3. Sebutkan cara – cara update data dalam Ms. Access !
4. Jelaskan cara update data melalui Form !

II.          MELAKUKAN DELETE DATA

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan langkah-langkah delete data pada Microsoft Access
2. Memeriksa hasil delete data

B.  LANGKAH – LANGKAH DALAM DELETE DATA
Penghapusan data dalam Microsoft Access (Basis Data) ada beberapa bentuk penghapusan, yaitu menghapus record, menghapus field dan menghapus table.

      1. Menghapus Record
                  Menghapus atau menghilangkan record dapat dilakukan dalam satu record maupun beberapa record sekaligus. Adapun langkah – langkah dalam menghapus record adalah :
a.                Buka table yang telah dibuat, kemudian pilih record yang akan dihapus. Dengan klik kanan pada selector record maka muncul beberapa pilihan. Apabila hendak menghapus record, pilih Delete Record. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol Delete pada keyboard. Bisa juga dilakukan dengan klik Menu Edit>Delete Record.
b.      Setelah memilih Delete Record,maka jendela dialog akan muncul, pilih Yes apabila yakin bahwa record tersebut harus dihapus, atau No apabila penghapusan tidak jadi dilakukan.
c.          Setelah proses penghapusan selesai, maka data akan berubah sesuai dengan perintah.

               

2.    Menghapus field
 Langkah-langkahnya:
a.       Buka file yang telah dibuat
b.      Buka tabel yang akan dihapus field-nya kemudian pilih Design View.
c.       Klik kanan selector field yang akan dihapus dan pilih Delete Row.
d.      Setelah selesai penghapusan, maka akan keluar jendela validasi, pilih Yes jika field yang ada akan dihapus secara permanen, atau No jika penghapusan tidak jadi dilakukan.
        

3.   Menghapus Tabel
Langkah-langkahnya:
a.       Buka jendela Database Object dan pilih Tables.
b.      Kemudian pilih yang telah dibuat dan yang akan dihapus.
c.       Klik kanan pada table yang akan dihapus, kemudian pilih Delete.
d.      Setelah selesai penghapusan, maka akan keluar jendela validasi, pilih Yes jika Tabel yang ada akan dihapus secara permanen, atau No jika penghapusan tidak jadi dilakukan

                


1 komentar: